Hidangan Tradisional di Kafe Batik

MENU TRADISIONAL, Aneka menu tradisional khas Jawa bisa dinikmati di kafe ini. Bumbu autentik sesuai daerah asalnya membuat menu-menu di kafe ini memiliki rasa yang lezat dan nikmat. ADA yang berbeda dari kafe yang satu ini. Sesuai namanya,Kafe Batik berdiri tak jauh dari pusat batik di Pasaraya Blok M. Sambil makan, pengunjung pun bisa menikmati batik-batik nan cantik.
LANTAI dua Pasaraya Blok M merupakan area yang khusus menjual pakaian, selendang, ataupun bahan batik,hingga kerajinan tangan khas Indonesia.Di sinilah Kafe Batik berada, dengan kapasitas kursi sebanyak 60 buah.Kesan tradisional yang diangkat oleh kafe ini,berpadu selaras dengan keunikan aneka karya Nusantara yang dihadirkan di lantai tersebut.

Sembari makan, pengunjung pun bisa menyaksikan pemandangan berupa batik-batik kenamaan dari berbagai daerah.Lebih istimewanya lagi, setiap hari Jumat pengunjung dapat menyaksikan hiburan berupa musik dan tarian tradisional dalam acara bertajuk Beautiful of Indonesia. Wajar saja jika pengunjung kafe ini didominasi oleh kalangan ekspatriat yang cukup menghargai buah karya Indonesia.”

Kebanyakan tamu kita adalah ekspatriat yang kebetulan sedang berbelanja di sini,tapi banyak juga tamu reguler,” kata Head Outlet Kafe Batik Dany Sartika mengawali percakapan dengan Seputar Indonesia(SI). Meski menyajikan masakan tradisional Jawa,namun para tamu asing yang bertandang ke kafe tersebut sangat mengapresiasi rasa masakan yang ditawarkan.Bahkan Dany pernah menemukan seorang tamu asing yang komplain terhadap rasa masakan khas Jawa yang disantapnya. ”Dia mengatakan, seharusnya masakan Jawa lebih manis,” sebut pria yang sudah malang-melintang di dunia food & beverage ini.Namun pada dasarnya, agar rasa masakan yang ditawarkan masuk ke selera banyak orang,maka pihak kafe memang sengaja membuat masakan yang ada tidak terlalu manis.

Di kafe ini pengunjung dapat lebih mengakrabkan diri dengan aneka masakan khas Jawa, dari mulai hidangan pembuka sampai hidangan penutup, termasuk minuman yang ditawarkan. Sebagai permulaan, untuk makanan pembuka ada cumi goreng goyang lidah dengan saus asam manis dan tahu berontak bumbu kacang yang notabene merupakan santapan khas Cirebon. Ada pula salad tradisional, seperti gado-gado dan sayur mayor.Hmm..sepertinya seru juga memesan sup hangat untuk pembangkit selera.Ada sup buntut dan sup seafoodasam manis.

Sekarang mari kita tengok apa saja hidang utama kafe ini.Yang paling dijagokan adalah nasi liwet keraton. Jadi, nasi disajikan dengan sayur labu,hati-ampela,telur pindang, ayam goreng, dan kerupuk udang. Nasi gudegnya juga menjadi favorit di sini, dihidangkan dengan gudeg nangka,krecek, sambal,opor ayam,opor telur,sambal terasi, dan emping yang akan menambah asyiknya bersantap.

Selain menu yang sudah disebutkan tadi, masih ada serangkaian deretan makanan besutan Kafe Batik ini. Di antaranya sapi lada hitam, gurame goreng kipas, ayam goreng kalasan, nasi goreng rempah yang berwarna hijau, nasi goreng spesial batik yang dihidangkan dengan teri medan, telur dadar, ayam,dan acar,dan nasi goreng kambing. Bosan menyantap nasi? Tenang, masih ada masakan lain.Pasti Anda sendiri sudah tahu dongkelezatan mi goreng Jawa,Kafe Batik pun juga menyediakan menu ini beserta mie godok Jawa. Lainnya ada cah kwetiau, dan bihun goreng seafood.

Untuk teman bersantap, Anda bisa memilih chicken drumb stick, sayap ayam pedas, lumpia, kentang goreng, ikan goreng tepung, tempe dan tahu bacem, atau tempe mendoan. Kunjungan di sore hari tentu tidak perlu memesan makanan berat. Melainkan Anda dapat memesan pisang goreng Solo dengan dua pilihan saus; gula aren atau gula aren dengan stroberi, nangka goreng, atau ingin buah segar juga ada. Aneka kudapan ini menjadi andalan kafe tersebut.Apalagi hanya dengan Rp15.000 pengunjung sudah bisa mendapatkan pisang goreng keju dan es kelapa muda.

”Pisang goreng dan kelapa mudanya enak, apalagi dengan gula merah.Saya kalau datang sore biasa pesan ini,” kata Anisa Hamid, salah seorang pengunjung. Rupanya bukan hanya Anisa yang menyukai penganan Nusantara ini. Beberapa kali Anisa mengajak teman-temannya yang orang asing, mereka pun menyukai rasa camilan tersebut. ”Sehabis belanja batik, mereka bisa mencicipi seperti apasihmakanan Indonesia itu.Dan mereka pun mengapresiasi masakan kita,”jelas Anisa. Sementara pengujung lain, Januarika Tijardhini, juga acap kali bersantap siang di kafe ini. ”

Makanannya lumayan enak, bumbunya autentik. Saya suka dengan tekwannya,”papar karyawati swasta ini.Harga yang dipatok pun tidak terlalu mahal, meski tempatnya berlokasi di mal.”Untuk makanan kami mengenakan harga mulai dari Rp20.000–69.500, kami berupaya menyediakan makanan yang murah tapi tidak murahan,” kata Dany. Kafe ini pun memiliki cara tersendiri untuk memikat pengunjung. Sebut saja dengan mengadakan promo yang sayang untuk dilewatkan. Bagi pengunjung yang berbelanja aneka perlengkapan pria di lantai satu pusat perbelanjaan ini, berhak mendapatkan diskon sebesar 30% di kafe ini,hanya dengan menunjukkan setruk pembayaran.

Diskon bisa didapat tanpa dibatasi dengan minimum harga belanja.Diskon yang sama juga diberikan bagi pengunjung yang mengenakan batik pada hari Jumat. Bisa dipastikan kafe yang difasilitasi dengan free Wi-Fi ini dipenuhi pengunjung pada waktu makan siang, terutama setelah salat Jumat.

Paket makan siang yang biasanya menjadi incaran pengunjung. Ada paket batik sutra yang terdiri atas nasi goreng rempah dengan es asam Jawa.Paket batik satin; udang goreng tepung dan es cendol. Sedangkan paket batik katun berupa ayam goreng kalasan dengan es tutti fruit tea, ada juga paket lunch yang terdiri atas nasi dengan ikan acar kuning dan teh tarik. Paket-paket ini mulai dari harga Rp20.000–50.000. (sri noviarni – Harian Seputar Indonesia)

Artikel di ambil dari OpenRice.com

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s